Andi Setiawan

Blog Seputar Apa Saja

Memulai Usaha Catering Jakarta

Buat Anda warga Jakarta yang suka memasak dan ingin memulai berbisnis, dan ingin menggabungkan keduanya, maka Anda bisa memulainya dengan membuka bisnis Catering Jakarta.

Di Tengah berbagai kesibukan yang ada saat ini, biasanya kebanyakan orang Jakarta lebih memilih untuk memesan Catering Jakarta daripada memasak sendiri karena pertimbangan waktu dan tenaga, walaupun memesan catering kepada Catering Jakarta memang sedikit lebih mahal.

Jasa Catering Jakarta tidak selalu berarti menyediakan makan untuk banyak orang untuk acara kantor/perusahaan, atau catering prasmanan untuk pesta pernikahan. Anda bisa memulainya dengan melayani pesanan Catering Jakarta dalam jumlah kecil, misalnya catering prasmanan untuk 50 orang saja, nasi kotak untuk acara syukuran, atau coffee break untuk pertemuan.

Penyedia Catering Jakarta bertujuan untuk menyediakan makanan untuk para tamu di acara-acara khusus atau pertemuan. Dengan semakin banyaknya layanan Catering Jakarta, membuat semakin banyak pilihan Catering Jakarta yang ditawarkan yang bisa dipilih. Misalnya saja Catering Jakarta untuk pertemuan, pesta pernikahan, buka puasa bersama dan acara perusahaan. Sangat penting bagi orang yang ingin memulai bisnis Catering Jakarta untuk menyediakan layanan profesional dengan baik.

Setelah Anda memulai bisnis Catering Jakarta Anda dan telah berjalan untuk sementara waktu, kemudian Anda bisa putuskan untuk tetap melayani pesanan Catering Jakarta dengan jumlah kecil atau berkembang melayani pesanan Catering Jakarta dalam jumlah besar.

Jika Anda memiliki ide untuk mengembangkan bisnis Catering Jakarta dan ingin memasarkan bisnis Catering Jakarta Anda tersebut secara efektif dan efisien, berikut beberapa cara sederhana yang sudah kami seleksi untuk memulai bisnis Catering Jakarta Anda dengan efektif. Ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan untuk memasarkan usaha Catering Jakarta tersebut.

1. Tuliskan apa saja yang Anda harus persiapkan untuk memulai usaha Catering Jakarta.

Persediaan alat catering apa saja yang Anda miliki dan peralatan catering apa saja yang harus Anda beli.

Misalnya, piring dan peralatan memasak Anda saat ini mungkin tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk melayani pesanan catering prasmanan dalam jumlah besar atau Anda mungkin harus membeli mesin pembeku yang cukup besar untuk menyimpan bahan masakan.

Anda juga harus menyiapkan peralatan untuk mengangkut makanan, menyajikan hidangan, lemari pendingin dan memikirkan cara untuk menjaga makanan tetap dalam kondisi baik/hangat.

2. Menemukan pangsa pasar yang tepat dan banyak dicari.

Sebagai perusahaan jasa Catering Jakarta berskala kecil dan baru memulai, Anda mungkin tidak memiliki kapasitas untuk memenuhi permintaan catering pernikahan untuk 500/lebih tamu, tapi sementara Anda bisa mencoba melayani pesta atau acara lain dalam jumlah terbatas.

3. Menentukan menu Catering Jakarta untuk ditawarkan kepada calon pelanggan/konsumen.

Telitilah apa yang ditawarkan pesaing Catering Jakarta Anda. Periksa dan lihat kedai makanan/restoran mana saja yang juga menawarkan jasa Catering Jakarta.

Tentukan menu Catering Jakarta berdasar pada kemampuan Anda dan pangsa pasar mana yang Anda ingin sasar. Sehingga harga yang Anda tawarkan tetap kompetitif tetapi tetap memberikan keuntungan. Harga dapat ditentukan dari tantangan dan lokasi di mana Anda tinggal,

waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan hidangan,

biaya bahan dan rencana besaran keuntungan yang Anda ingin capai.

4. Cari vendor yang berhubungan dengan bisnis Catering Jakarta Anda.

Seringkali Catering Jakarta diharapkan dapat menyediakan peralatan dan makanan dalam jumlah banyak. Karenanya cobalah teliti pemasok sayuran/supplier bahan makanan dan tempat sewa alat catering yang mampu menyediakan peralatan yang Anda butuhkan di daerah Anda dari waktu ke waktu untuk saling bekerjasama.

5. Mendapatkan surat izin yang diperlukan.

Anda akan memerlukan izin usaha dari pemerintah kota Jakarta di mana Anda tinggal. Dinas kesehatan pada tingkat kecamatan atau dinas kesehatan Pusat akan memeriksa dapur Anda secara berkala untuk memastikan higienitas dan keselamatan kerja sekaligus untuk melihat apakah dapur Anda telah memenuhi standard kesehatan yang telah ditetapkan. Namun, banyak dapur catering rumahan tidak memerlukannya!

Jika beberapa perusahaan mewajibkan akan legalitas bisnis Catering Jakarta Anda, buatlah rencana untuk meng-upgrade dapur Anda atau menemukan dapur yang telah lulus inspeksi untuk mengurus dan mendapatkan sertifikasi. Sebuah bangunan bekas restoran memungkinkan untuk dapat Anda sewa untuk menggunakan dapur tersebut sebagai tempat inspeksi.

Sebuah lisensi makanan seperti keterangan halal kemungkinan besar juga akan diperlukan. Konsultan business dapat membantu Anda mencari tahu lisensi apa saja yang mungkin Anda perlukan untuk bisnis Catering Jakarta Anda.

6. Mengembangkan program pemasaran online dan offline untuk menjangkau calon pelanggan potensial Anda.

Untuk branding, berilah nama bisnis Catering Jakarta Anda dengan nama yang unik agar mudah diingat oleh pelanggan Anda. Jangan gunakan nama yang umum seperti Catering Jakarta, Catering Tangerang atau Catering Depok. Buatlah nama yang unik dan spesifik seperti Dpawon Catering atau Rooswati Catering.

Buatlah logo, seragam, spanduk, dan hal lain yang diperlukan dalam surat menyurat, seperti stempel, kop surat, dan company profile.

Lalu buatlah hidangan Anda dan mengambil foto untuk brosur, kartu nama, dan website Anda.

Meskipun awalnya Anda berencana mengembangkan bisnis Catering Jakarta berskala kecil, namun, sadarilah bahwa kini semakin banyak orang menggunakan internet untuk mencari Catering Jakarta sesuai kebutuhan mereka. Akhir-akhir ini semakin banyak bisnis Catering Jakarta yang masuk ke media online untuk meningkatkan penjualan dan bahkan untuk media branding. Survey yang dilakukan Google mendapatkan bahwa 74 persen hingga 80 persen dari orang antara usia 29 hingga 69 tahun menggunakan internet untuk mencari segala kebutuhan mereka melalui smartphone. Jika Anda tidak memiliki website atau blog untuk bisnis Catering Jakarta Anda, percayalah calon pelanggan Anda tidak akan menemukan bisnis Catering Jakarta Anda!